04 April 2016

Kampung Inggris Pare

Kurang lebih sudah satu minggu aku stay di Pare, dan wowww so great ini kalimat yang pas untuk melukiskan apa yang aku rasakan selama di sini. Bertemu dengan banyak orang dengan pribadi, background, dan adat budaya yang berbeda. Aku temukan di kampung inggris Pare Jawa Timur, kampung yang hampir semua orang bisa berbahasa Inggris, mekipun dengan bahasa standar. Speachless banget liat kampung ini masyaallah kalau Allah ingin mengangkat derajat suatu kampung maka terjadilah, ada banyak kampung namun Allah memilih Pare menjadi kampung Inggris, semua bisa membuat kampung seperti ini tapi apa bisa se famous kampung pare dimana yang datang bukan cuma dari Indonesia tapi juga dari luar negeri. Dan di camp ku, aku ketemu teman teman dari berbagai daerah, ada yang dari NTT, Bima, Timor Leste, Padang, Bandung, Jakarta, dll dan semua memiliki alasan yang berbeda beda kenapa mereka memilih belajar Bahasa Inggris di Pare.
malam pertama di camp, didepan Benefit Course

 Dari yang benar benar pengen belajar bahasa inggris, lagi liburan sekolah, fresh graduate, nunggu panggilan kerja, keperluan pekerjaan, kebetulan lagi libur dan pengen liburan, cuma pengen tau yang namanya pare, dan ada satu yang membuat aku tertarik seorang wanita dari Batam satu camp sama aku, fashionable berkulit putih dengan rambut yang pastinya terawat.  Aku tanya  kenapa ke pare? “aku bosen di rumah mulu pengen liburan, udah 3 taun di rumah mulu jadi ke pare deh, kan bisa liburan sambil belajar di sini” kamu udah nikah? “ya aku udah nikah punya anak satu umurnya tiga tahun” hah?! Lah terus anaknya gimana? Gak nangis? “ya gak lah kami sering video callan kok, lagian juga dia lebih dekat sama baby siternya ketimbang aku, malah dia nangis pisah sama baby siternya ketimbang aku”  Aku gak bisa berkata apa2 lagi, dapat simpulkan bagaimana kondisi rumah tangganya. Well semu yang datang ke Pare punya alasannya masing2. Dan buat kamu yang pengen belajar culture Indonesia gak punya banyak duit buat keliling, coba ke Pare aja dulu. 
suasana dalam camp didepan kamar tidur (baby Dinda, Diana, Dina, Sona, mamy Imas, mamy Yeyen, Jeje, Ipus

Awal pertama datang ke camp aku syok berat, secara tutor bawa aku ke kamar dan well dia bilang satu kamar buat 5 orang dan acctually tu kamar harusnya max 2 ya, sampai aku tanya ulang “are u sure miss?” dan dia tetap bilang 5. Oke aku jalanin aja dulu wal hasil malam pertama aku lumayan nyenyak cz teman teman semua pada welcome, dan ternyata aku dikamar Cuma bertiga cz yang lain lebih senang milih tidur di depan kamar, semua berasa udah lama kenal padahal kita semua baru saling mengenal, berbaur dengan beragam budaya  english sehari2 yang sure gak ketinggalan logat daerahnya, kecuali kayak aku ya yang bisa gak keliatan haha.  Masih dihari pertama my friend at camp told to me “we cant say to you ”welcome to pare cz you not yet get ‘diare’” hah gak aku gak mau gak deh jangan jangan kok bisa? “yang emang gitu semua yang datang ke sini rata rata diare, dan aku udah dia diare dua minggu” ucap cewek hitam cantik dengan rambut keriting dari NTT  yang ternyata sedang prepare ngambil s2 nya ke luar negeri. Dan finally emang bener, aku diare.
icha, empus, jeje otw Malang

suasana kelas oleh mr. Maleo

Sebelum mulai masuk kelas , 3 hari sebelumnya aku emang udah sengaja datang lebih awal biar bisa cek ombak, situasi dan kondisi di Pare. Jadi ku gunakan waktu buat ke Malang dulu bareng temen baru ku Jeje dari Jogja dan Empus dari Bekasi. Ini pun baru kenal dan alhamdulillah keahlianku sebagai wanita supel, friendly dan agak sedikit malu maluin dimana kurang sedikit gila haha, ini jadi senjata ampuh ku gampang tuk beradaptasi dengan siapapun walhasil kami layaknya sahabat lama yang baru ngumpul lagi. Sampai di Malang nyari penginapan disambut dengan diare, bersyukur Jeje dan Empus dua wanita yang juga sama gilanya dengan ku ini ngebantu nyariin obat, oke tq sobs. Diare tidak menghalangi liburanku, kami tetep muter2 Malang meskipun aku harus mampir buat nyari toilet. Tapi aku nyerah pas perjalanan balik Pare cz udah ngerasa lemes  banget bus yang kami tumpangi rasanya mau ku terbangin biar cepet nyampe, gak enak juga sama sopir dan penumpang lain aku harus nyuruh mereke berhenti di toilet, oh God......
Sampai di Pare dalam hatiku “welcome to Pare Cha....” ya diare di lanjut di sini.
Masih dalam kondisi yang belum fit bener minggu pertama temen2 punya plan ke Bromo oke well lanjut Bromo and woowww masyaallah nikmat Tuhan luar biasa, aku tetep berangkat dan walhasil im getting sick now, haha tapi hatiku tetep aja seneng meski fisik nyerah, Jawa Timur emang recomend buat kamu yang mau explore wisata alamnya.

suasana pagi pare 


karena kami bosan belajar di kelas kami memutukan untuk nyari tempat nongkrong enak buat belajar with Mr. Ramzi
Pare exactly in Benefit Course bangunan sederhana yang jadi kaya karena penghuninya, ada banyak pilihan tempat kursus di Pare entah mengapa Allah menunjukkan tempat ini, selalu ada alasan terbaik dari setiap kejadian dalam hidup. Satu minggu berlalu di sini bagiku sangat cepat, my daily activity belajar, sholat jamaah bareng (and you know ada banyak siswa di tempat kursus ini yang jago jadi imam sholat, ngajinya jago padahal masih muda) dan memang sepertinya orang orang yang datang ke Pare bukan orang bodoh yang mau belajar tapi orang orang pinter yang mau lebih pinter termasuk aku kali ya ahahahaha.  Ada banyak hal yang aku temui, karakter kita yang berbeda2, mengenal orang sekitar, belajar saling menghargai, belajar bersikap dengan teman dan belajar sabar tentunya.  I will share next time “Tips memilih tempat kursus di pare” biar kalian gak bingung dan benar benar mencari tempat yang sesuai yang kamu butuhkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar